ANALISIS PRODUK PASMINA









Berdasarkan analisis yang diperoleh dari data Google Trends, pashmina mulai berkembang dikawasan jakarta pada januari 2020 dan mengalami kestabilan penjualan dikarenakan baru adanya pengenalan produk.


Pada tanggal 17-23 Mei 21020, produk pashmina mengalami kenaikan peminat sangat drastis hingga mencapai titik tertinggi grafik yaitu 100 dikarenakan mendekati perayaan hari raya idul fitri serta peningkatan kualitas maupun inovasi produk.


Pada tanggal 24 Mei - 29 juli 2020 mengalami penurunan tajam tidak begitu menarik konsumen karena berkurangnya perhatian untuk mempertahankan kualitas maupun menginovasi.


Tanggal 1 Agustus hingga desember 2020 barulah mengalami kenaikan walau lambat namun pasti karena sudah adanya kesadaran dalam mementingkan kualitas produk dan pemasaran yang lebih baik dari sebelumnya.



T O W S

*      Threaths

       - Terjadinya fluktuasi pada harga bahan yang dapat mempengaruhi biaya produksi.

       - Persaingan harga sesama pebisnis.

       - Munculnya usaha-usaha bisnis baru yang dapat menggeser produksi.

 

*      Opportunity

    - Berkembangnya tren gaya hijab saat ini membuat para Wanita sangat tertarik menggunakan Hijab sehingga peluang produksi produk bisa meningkat.

    - Memanfaatkan media social dalam memasarkan hasil produksi membuat peluang semakin berkembang

    - Target market yang mencakup semua usia

 

*      Weakness

     - Promosi yang tidak rutin.

     - Minimnya SDM yang tersedia.

     - Alat yang digunakan dalam produksi masih sederhana.

 

*      Strenght

     - Hijab merupakan kewajiban bagi Wanita muslimah, oleh sebab itu produk ini  hadir sebagai solusi yang tepat bagi kaum wanita.

     - Memiliki kualitas premium atau grade terbaik di bahan nya.

     - Memiliki harga yang terjangkau serta dapat memberikan kepuasan bagi para konsumen.

     - Selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan target market.

 

S T P

*      Segmentasi

Demografi : ditujukan oleh seluruh remaja hingga dewasa yang ingin merawat kesehatan kulit wajah

Geografis : penjualan produk dijual online melalui blog dan market place sehingga menjagkau berbagai daerah

Psikografis : mentargetkan semua kalangan usia yang memiliki gaya hidup minimalism dan berstatus kelas menengah.

Behavioral : solusi tepat untuk semua orang yang penuh dengan aktivita karena pproduk sangat nyaman dan ringan dipakai.

 

*      Targetting

Wanita dari usia muda hingga dewasa. Pelajar atau Mahasiswa, Ibu rumah tangga, Traveller, pekerja, yang bertempat tinggal di daerah beriklim tropis maupun subtropis.

 

*      Positioning

Produk hijab ini memberikan manfaat sebagai wadah untuk membentuk karakter jiwa yang islami, menjalankan usaha yang dapat menghasilkan produk dengan mutu  dan kualitas terbaik demi terciptanya kepuasan  customer melalui pengelolaan yang professional.

 

P L C

·         Introduction

Produk yang dikeluarkan adalah jilbab berbahan ceruti premium berukuran 115X115 dengan langkah awal tersedia 4 warna, pastel dan bold. Produk akan dijual dan di iklankan melalui website dan instagam. Harga produk berkisar 35.000/pcs. Produk ini akan bertema “minimalsm” maka produk serat packging akan sangat unik dan mendukung gerakan less plastic for earth.

 

·       Growth

    - Upaya mengiklankan dan penjualan dimulai menggunakan website

  - Pertama kali dijual dalam bentuk box kardus. Setelah itu akan  terus membuat pengembangan     bentuk dan juga membuat slogan yang dinilai mampu untuk menyesuaikan dengan trend             perkembangan pasar.

    - Saat penjualan mulai stabil akan ditambah variasi produk dan pengembagan merek.

 

·       Maturity

Tahap pendewasaan produk akan terjadi antara stabil dan melonjak pesat saat sudah dipasarkan nantinya.

  

·       Decline

Kemungkinan produk  mengalami penurunan dan cara mengatasinya:


§   Adanya pesaing-pesaing baru. Akan  banyak sekali bermunculan produk-produk baru yang di keluarkan oleh pesaing. Hal tersebut membuat kemungkinan konsumen / pelanggan beralih produk pesaing jika produk lebih mahal dari pesaing. Oleh karena itu mengoptimalkan harga untuk menyesuaikan pasar harus dipertimbangkan.

 

§  kejenuhan konsumen

   Hal lain yang mempengaruhi adalah kemungkinan kejenuhan konsumen seiring perjalannya waktu. Maka pembaruan atau inovasi harus dilakukan untuk menjauhi pemerosotan produk.


§  Strategi pemasaran yang kurang efektif

  strategi peasaran akan dinilai kuno jika inovasi dan ekspansi lambat dan mengatasi pesaing dan  memenuhi keinginan pasar. Produk ini akan membutuhkan penyegaran baru sehubungan dengan beberapa masalah yang dihadapinya. Banyak yang harus dibenahi dala strategi   perencanaan dan pemasaran agar produk ini bisa bersaing dengan pesaing sejenis.



Komentar

Postingan populer dari blog ini